Thursday, February 25, 2010

Autodesk 3ds Max

Autodesk 3ds Max atau 3D Studio MAX adalah aplikasi modeling, animasi dan paket rendering. Produk ini diciptakan untuk platform DOS oleh Yost Group dan diterbitkan oleh Autodesk. Setelah 3D Studio Release 4, produk tersebut ditulis ulang untuk platform Windows NT dan diberi nama “3D Studio MAX. Belakangan, nama produk ini berubah menjadi “3ds max” (semua huruf kecil) sesuai dengan aturan penamaan discreet. Pada rilis 8, produk ini terbebani dengan logo Autodesk, dan namanya kembali berubah menjadi “3ds Max” (huruf besar dan kecil). Pada rilis 2009, nama produk berubah menjadi “Autodesk 3ds Max”.

Menurut laporan internal Autodesk, 3ds Max adalah program animasi komputer 3D dengan penjualan terbesar di dunia. 3D Studio MAX ini memiliki kemampuan pemodelan yang kuat dan merupakan plugin architecture yang fleksibel yang bekerja dengan platform Microsoft Windows. Aplikasi ini banyak digunakan oleh video game developers, studio TV untuk pembuatan iklan dan visualisasi arsitektur. Juga digunakan untuk pembuatan efek film dan film pra-visualisasi.

Sebagai alat pemodelan dan animasi, versi terbaru dari 3ds Max delengkapi fitur shader yang canggih (seperti ambient occlusion dan subsurface scattering), dynamic simulation, particle systems, radiosity, normal map creation and rendering, global illumination, intuitive dan fully-customizable user interface, dan bahasa scripting.

0 comments:

Post a Comment