Thursday, February 25, 2010

Proses Pengembangan Objek 3D

Grafik Komputer 3D adalah komputer grafis yang menggunakan tiga dimensi representasi dari data geometrik (Cartesian produk) yang disimpan dalam komputer untuk keperluan melakukan perhitungan dan rendering gambar 2D.

Dalam grafik komputer, perbedaan antara 2D dan 3D kadang-kadang kabur, 2D aplikasi dapat menggunakan teknik 3D untuk mencapai efek seperti pencahayaan, sedangkan 3D mungkin menggunakan teknik render 2D.

Grafik komputer 3D sering disebut sebagai model 3D. Model mengandung file data grafis. Sebuah model 3D adalah representasi matematika dari setiap benda tiga dimensi (baik benda mati atau hidup). Sebuah model dapat ditampilkan secara visual sebagai gambar dua dimensi melalui proses yang disebut 3D rendering atau digunakan dalam non-grafis seperti simulasi komputer dan perhitungan.

Proses pembuatan grafik 3D dibagi menjadi tiga tahap dasar yaitu:

  • Pemodelan (3D Modeling)

Pemodelan menjelaskan proses pembentukan suatu objek. Model dapat diproduksi secara procedural atau melalui simulasi fisik.

  • Tata Letak dan Animasi

Menggambarkan gerak dan penempatan obyek dalam adegan. Inilah yang mendefinisikan hubungan spasial antara obyek dalam adegan termasuk lokasi dan ukuran. Animasi mengacu pada deskripsi temporal suatu objek, yaitu bagaimana cara bergerak dan deformasi dari waktu ke waktu. Metode popular yang sering digunakan adalah keyframinng, invers kinematika dan menangkap gerakan (motion capture).

  • Render 3D

Rendering mengkonversi model menjadi sebuah gambar yang lebih baik dengan simulasi light transport untuk mendapatkan fotorealistik dari gambar atau dengan menerapkan beberapa jenis gaya seperti dalam fotorealistik non-rendering. Dua operasi dasar render realistis adalah transportasi (seberapa banyak cahaya yang didapatnya dari satu tempat ke tempat lain) dan menyebarkan (bagaimana berinteraksi dengan permukaan cahaya). Langkah ini biasanya dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak komputer grafik 3D atau sebuah 3D graphics API. Proses mengubah scene ke dalam bentuk yang cocok untuk render melibatkan proyeksi 3D yang memungkinkan gambar tiga dimensi dapat dilihat dalam dua dimensi.

3 comments:

kita juga punya nih artikel mengenai obyek 3d, berikut linknya semoga bermanfaat ya :D
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/3003/1/IMG_0013.pdf

Kita juga mempunyai jurnal Pemodelan 3D, silahkan dihubungi dan dibaca. Berikut linknya:
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1153/1/50407275.pdf
Semoga bermanfaat ;)

KALO BOLEH TAU, apa saja prosedur pengembangan 3D animas... thank...

Post a Comment