Wednesday, February 24, 2010

Tips Memperpanjang Kabel USB

Mungkin anda adalah salah seorang pengguna modem 3G (USB-Wifi) dan anda sedang mengalami masalah dengan signal, yang menyebabkan anda mungkin hanya mendapat signal GPRS saja.

Dan untuk hal yang satu ini ada solusinya dan saya sendiri pernah mencobanya. Yang tadinya di tempat saya cuman dapat signal GPRS , akhirnya dapat HSDPA. Koq bisa ya??

Ya bisa saja..dengan menggunakan wajan bolik masalah bisa terpecahkan. Dan tentu saja untuk menempatkan wajan bolik di tempat yang pas, pasti anda akan membutuhkan USB extender (perpanjangan USB) yang lumayan panjang. Apalagi kalau anda menempatkannya di luar rumah atau tempat yang lebih tinggi. Dan kenyataannya, jika menggunakan usb extender biasa, modem anda tidak berfungsi bahkan tidak kedetect karena kekurangan power.

Maka berikut ini adalah tips untuk membuat perpanjangan usb sendiri dengan memanfaatkan kabel UTP atau yang lebih dikenal dengan kabel LAN. Bahan-bahan yang diperlukan adalah.

  1. Kabel UTP
  2. Kabel USB
  3. Pipa PVC ukuran kecil
  4. Solatip

Berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Siapkan kabel USB dan potong menjadi 2 bagian :

  • Siapkan juga kabel UTP dan jangan lupa memasukkan pipa pvc kecil pada kedua ujungnya :

  • Kemudian sambungkanlah kabel USB dan UTP sesuai dengan urutan pada gambar berikut. Lakukanlah hal yang sama pada kedua sambungan dengan urutan yang sama pula. Jangan sampai salah dan pastikan masing-masing ruas sambungan tidak saling bersentuhan dengan menggunakan solatip.

  • Kemudian tutuplah sambungan dengan pipa pvc dan hasilnya akan terlihat seperti pada gambar. Pada percobaan ini saya menggunakan kabel UTP yang tidak terlalu panjang dan sekedar info teknik perpanjangan USB ini bisa mencapai panjang maximal 10-15 m.

  • Dan akhirnya, USB extender anda sudah siap untuk digunakan dan selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment