Wednesday, February 24, 2010

Review Film “I ROBOT”


Film ini mengisahkan tentang kemajuan teknologi robot pada tahun 2035 dimana robot itu berjalan atas perintah atasan (manusia) yang memiliki 3 aturan yang berlaku dan harus dipatuhi yaitu :
  1. Robot dilarang membunuh manusia atau robot dilarang mengajak manusia untuk untuk melakukan kejahatan.
  2. Robot harus mematuhi perintah yang diberikan oleh atasan, yaitu manusia selama tidak menyalahi aturan pertama.
  3. Robot harus melindungi keberadaannya sendiri selama perlindungan tersebut tidak bertentangan dengan aturan pertama dan kedua.
  4. Cerita film ini diawali dengan adanya kematian Prof. Dr. Lennin yang merupakan pencipta robot, diduga bunuh diri dengan cara terjun dari sebuah kantor perusahaan USR, perusahaan yang memproduksi dan membuat robot itu. Tetapi Detektif Del Spooner curiga bahwa kematian Prof. Dr. Lennin dibunuh oleh robot yang bernama Sonny, robot tersebut milik asisten Prof. Dr. Lennin yang bernama Dr.Calvin.

Robot Sonny tersebut sempat ditangkap oleh Polisi dan diinterogasi tetapi dibebaskan karena terikat aturan diatas yaitu robot dilarang membunuh manusia.

Kemajuan teknologi robot ini memiliki dampak positif yaitu segala keperluan manusia dimudahkan, dipenuhi oleh robot. Dampak Negatifnya jika suatu sistem kacau maka akan berakibat fatal, robot menjadi tidak terkendali.

Dalam film I Robot, hidup manusia seakan-akan lebih mudah karena peradaban tinggi (highcivilization) melahirkan teknologi tinggi (high tech),komunikasi global (global communication), digitalisasi, cloning, rekayasa genetika, dan teknologi informatika. Dimana cyborg difungsikan sebagaimana manusiatetapi diposisikan sebagai budak manusia yang dibuat milenium itu terlena dengan segala kemudahan hidup,budaya konsumsi yang serba instan membuat mereka dan tenggelam dalam realitas semu. peraturan dilarang membunuh manusia. Secara perlahan tetapi pasti, para manusia lupa bahwa hidup yang mereka hadapi mulai kabur.

Sudut pandang film tersebut dalam interaksi manusia dan komputer yaitu kecanggihan dimana tahun 2035 memiliki 1ooo robot yang terdiri rangkaian hardware, software dan brainware seperti manusia bahkan diprogram yang hampir mirip dengan manusia, yaitu memiliki panca indera. Tidak ada keterbatasannya interaksi antara manusia dan komputer dengan manusia dan benda mati.

Sumber :

http://uchisharli.blogspot.com/2010/02/review-film-irobot.html

0 comments:

Post a Comment